Spiritualitas Katolik

”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Kompendium Katekismus Gereja Katolik

pope benedictus xiv

MOTU PROPRIO

Untuk Pengesahan dan Penyebarluasan
Kompendium
Katekismus Gereja Katolik

Kepada Saudara-Saudaraku yang terhormat, para Kardinal, Patriark, Uskup Agung, Imam, Diakon, dan kepada semua Umat Allah.

Katolik dimulai atas permintaan Pertemuan Istimewa Sinode para Uskup yang dilaksanakan pada kesempatan peringatan dua puluh tahun penutupan Konsili Vatikan Kedua.

Saya sangat berterima kasih kepada Allah yang telah menganugerahkan kepada Gereja Katekismus ini, yang telah disahkan pada tahun 1992 oleh pendahulu saya yang tercinta, Paus Yohanes Paulus II.

Nilai tak terhingga dan keindahan anugerah ini dikukuhkan terutama karena penerimaan yang positif dan luas terhadap Katekismus di kalangan para Uskup, yang menjadi sasaran utama Katekismus ini, agar dijadikan acuan teks yang pasti dan autentik untuk pengajaran Katolik, dan secara khusus untuk merumuskan katekese lokal. Nilai tadi juga diperkuat oleh penerimaan secara luas dari berbagai kelompok Umat Allah yang bisa mengenal dan menghargainya melalui lebih dari lima puluh terjemahan yang sudah diterbitkan sampai sekarang.

Dengan sangat gembira, sekarang saya mengesahkan dan mengumumkan Kompendium dari Katekismus itu.

Kompendium ini sungguh sangat dirindukan oleh peserta Kongres Internasional Kateketik pada Oktober 2002, yang merupakan ungkapan kebutuhan yang dirasakan secara luas di dalam Gereja. Pendahulu saya yang tercinta, setelah mengetahui kerinduan ini, pada bulan Februari 2003 memutuskan untuk memulai persiapan teksnya dengan mempercayakan pekerjaan itu kepada sebuah Komisi para Kardinal, tempat saya sebagai ketua, dan dibantu berbagai macam ahli. Dalam proses pengerjaannya, sebuah draf Kompendium diserahkan kepada semua Kardinal dan Ketua Konferensi para Uskup. Mayoritas luas dari mereka memberikan evaluasi terhadap teks tersebut dan mendukungnya.

Kompendium, yang sekarang saya persembahkan kepada Gereja Universal ini, merupakan sintesis yang cermat dan pasti dari Katekismus Gereja Katolik. Kompendium ini berisi semua unsur esensial dan dasariah dari iman Gereja dalam bentuk yang ringkas. Jadi, seperti yang diinginkan Pendahulu saya, semacam pegangan yang memungkinkan, baik orang-orang beriman maupun tidak, untuk mendapatkan keseluruhan panorama iman Katolik.

Dalam struktur, isi, dan bahasanya, Kompendium ini dengan setia mengacu pada Katekismus Gereja Katolik, dan karenanya membantu Katekismus semakin dikenal lebih luas dan semakin dimengerti lebih dalam.

Saya mempercayakan Kompendium ini terutama kepada seluruh Gereja, dan secara khusus kepada setiap pengikut Kristus agar di dalam Gereja, pada milenium ketiga ini, bangkit semangat baru evangelisasi dan pendidikan iman, yang seharusnya menjadi ciri khas setiap komunitas dalam Gereja dan setiap orang Kristen, tanpa memandang umur dan kebangsaan.

Kompendium ini, yang ringkas, jelas, dan menyeluruh, dimaksudkan untuk setiap manusia yang rindu untuk mencari Jalan Kehidupan dan Kebenaran yang dipercayakan Allah kepada Gereja Putra-Nya di tengah-tengah dunia yang penuh kebingungan dan berbagai macam tawaran.

Semoga, melalui perantaraan Santa Maria, Bunda Kristus dan Bunda Gereja, setiap orang yang membaca Kompendium ini dapat mengenal dan menerima secara lebih penuh Anugerah yang indah, unik, dan tak ternilai yang sudah diberikan oleh Allah kepada bangsa manusia dalam Putra Tunggal-Nya, Yesus Kristus, Sang “Jalan, Kebenaran, dan Kehidupan” (Yoh 14:6).

Diberikan pada 28 Juni 2005, malam Pesta Rasul Santo Petrus dan Paulus, dalam tahun pertama Pontifikat saya.

Benedictus XVIBENEDICTUS PP. XVI

© Copyright 2005 – Libreria Editrice Vaticana

UNDUH PDF : Kompendium Katekismus Gereja Katolik

• KATEKISMUS GEREJA KATOLIK
–Disahkan oleh Paus Yohanes Paulus II tanggal 11 Oktober 1992
– Menjadi teks acuan untuk katekese dan menjadi sarana yang penuh dan lengkap untuk mengkomunikasikan ajaran Katolik tentang iman dan moral
–Para uskup menjadikan KGK sebagai acuan teks yang pasti dan autentik untuk pengajaran katolik dan merumuskan katekese lokal
•KOMPENDIUM KATEKISMUS GEREJA KATOLIK
–Disahkan oleh Paus Benedictus XVI tanggal 28 Juni 2005
–Disusun oleh Komisi khusus (para Kardinal dan para ahli) atas permintaan Paus Yohanes Paulus II
–Menjadi sintesis yang cermat dan pasti dari Katekismus Gereja Katolik yang berisi semua unsur esensial dan dasariah dari iman Gereja dalam bentuk yang ringkas.
–Disusun agar dapat menimbulkan minat dan antusiasme semua orang beriman kepada Katekismus Gereja Katolik

Isi Kopendium Katekismus Gereja Katolik

•LEX CREDENDI (PENGAKUAN IMAN)
–Mengurai iman yang diakui oleh Gereja yang didasarkan pada Pengakuan Iman Para Rasul
•Wahyu Iman
•Tritunggal
•LEX CELEBRANDI (PERAYAAN IMAN)
–Mengurai perayaan misteri perayaan sakramental
•Perayaan Liturgi
•Tujuh Sakramen Gereja
•LEX VIVENDI (MENGHIDUPI IMAN)
–Mengurai mengenai panggilan orang-orang yang sudah dibaptis untuk mewujudkan komitmen mereka  terhadap iman yang mereka akui dan mereka rayakan dalam tindakan nyata
•Menjaga martabat manusia
•Mewujudkan keutamaan moral dan teologal
•Ambil bagian dalam perjuangan mewujudkan keadilan sosial demi kepentingan umum
•Mewujudkan 10 peintah Allah
•LEX ORANDI (DOA UMAT BERIMAN)
–Mengurai pentingya doa sebagai usaha mewujudkan dialog dengan Allah
•Tradisi doa
•Doa Bapa Kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Oktober 23, 2012 by in Magisterium, Sejarah Gereja.
%d blogger menyukai ini: